---------------------------------------------------------------------------------------
8. Object Tool
digunakan untuk menggambar berupa objek dua dimensi...............
pada setiap objek.................
9. Pencil Tool
digunakan untuk menggambar seperti menulis dalam kertas, tetapi menggambar disini sesuai dengan gerakan mouse.........
secara cepat. Selain itu, dapat digunakan untuk mengambil sebuah contoh image dalam sebuah bitmap untuk digunakan pada objek lain...............
14. Eraser Tool
digunakan untuk menghapus ob.......
- Untuk memberikan modifikasi banyak warna sesuai yang diinginkan seleksi pada panel Color untuk bagian.................
---------------------------------------------------------------------------------------
Setelah kita mengenal Tool-tool yang digunakan dalam flash, selanjutnya akan dijelaskan tentang area kerja kita atau disebut juga Workspace,....
1. Workspace atau area tempat kerja pada flash digunakan untuk memodifikasi suatu flash, pada tutorial ini akan dijelaskan area kerja yang digunakan pada flash meliputi frame, keyframe dan timeline. Dalam membuat suatu animasi sederhana terlebih dahulu kita mengetahui posisi, orientasi atau bentuk objek tersebut. Tampilan dalam menggambar animasi untuk satu objek setelah objek lain yang memiliki kesamaan dari objek animasi.
Setiap frame merepresentasikan satu gambar.

2. Tools digunakan sebagai alat untuk menggambar, memodifikasi objek animasi pada stage. Tools modifikasi digunakan untuk memanfaatkan opsi-opsi tambahan yang tersedia
(telah dijelaskan sebelumnya fungsi masing-masing tool),....

3. Timeline adalah tampilan frame secara satu per satu yang digerakkan dari kiri kekanan. Keuntungan dalam menggunakan flash adalah dapat ditentukan sendiri suatu animasi yang digambar pada frame dari frame awal sampai frame akhir, dengan menjalankan gambar-gambar pada frame animasi akan berjalan dengan sendirinya.
Contoh dalam membuat animasi sederhana adalah dengan menggerakkan objek dari sisi kiri ke sisi kanan stage. Untuk itu kita harus menspesifikasi dari awal dan akhir posisi suatu objek tersebut didalam frame pertama sampai frame terakhir secar berurutan. Dua frame pada awal dan akhir animasi memiliki informasi yang penting dalam animasi flash disebut juga keyframe.

4. Onion skinning digunakan untuk melihat objek lebih dari satu frame dalam waktu bersamaan. fungsi ini sangat membantu dalam memodifikasi animasi yang terdiri dari banyak keyframe. Icon Onion Skin dapat ditemukan dibawah panel Timeline.

Untuk Onion Skin digunakan untuk melihat frame lebih dari satu dengan tampilan warna, sedangkan Onion Skin Outlines digunakan untuk melihat frame lebih dari satu dengan tampilan garis pinggir objek.
Onion Skin

Onion Skin Outline

Melihat objek sekaligus (10 frame) pada satu waktu dalam tampilan timeline dengan menggunakan onion.

(NB: Sebaiknya menggunakan Onion Skin Outline, karena akan mempermudah dalam memodifikasi objek)
5. Keyframe juga memiliki actions yang dapat dirubah mengikuti animasi. Keyframe dan action akan dideskripsikan dalam pada tutorial selanjutnya.

6. Layer membantu dalam mengorganisir kerja, dengan meletakkan animasi individu dalam satu layer dan akan memudahkan mengatur project. Berikut layer-layer dan variasi akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya.

-------------------------------------------------------------------------------------
to be continued dlu ya,... akyu mo makan ciang duyu
No comments:
Post a Comment